Pemeliharaan ayam bangkok dewasa

Menjelang dewaa kelamin (umur 7 bulan), ayam dipindahkan ke kandang dewasa. Dalam hal ini peternaka sudah melaksanakan seleksi terhadap induk betina yang diharapkan kelak akan menghasilkan keturunan yang baik. Demikian pula denganmemilih pejantan yang baik untuk dirawat dan dilatih lebih lanjut agar banyak diminati oleh calon pembeli atau penggemar.

Pemindahan ayamhendaknya dilakukan malam hari, supaya tidak mengalami kegaduhan dan mengurangi stress pada ayam. Sekalipun demikian pada sore hari sebelum dipindahkan, ayam tetap harus diberi obat anti stress terlebih dahulu yang dimasukan ke dalam air minum. Pemindahan ayam pada malamm hari juga memudahkan peternak dalam menangkap ayam.

Ayam betina yang sudah dipersiapkan menjadi induk, dapat dikandangkan dengan jantan yang dipersiapkan menjadi bibit. Rasio antara pejantan dan betina disesuaikan dengan cara-cara yang akan dipilih untuk mengawinkan ayam bangkok. Apabila menggunakan pen mating, maka satu pejantan dapat dikandangkan dengan 5-6 betina. Sedangkan apabila menggunakan flock mating 2 pejantan dapat dikandangkan dengan 16 betina atau 3 pejantan dengan 24 betina. Bisa juga induk betina dimasukkan ke kandang battery individual dan hanya dicampurkan dengan pejantan bila mau dikawinkan saja. (stud mating).

Secara umum pemeliharaan ayam bangkok dewasa tidak berbeda jauh dengan pemeliharaan ayam bangkok remaja. Yang penting dilaksanakan adalah program latihan dan perawatan pada pejantan untuk membentuk penampilan ayam bangkok yang prima. sedangkan bagi ayam betina, perhatian lebih dititik beratkan pada penjagaan stabilitas tubuh supaya bisa menjadi induk yang baik. seperti sudah dijelaskan diatas, mulai umur 7 bulan ayam bangkok sudah mencapai dewasa kelamin. Ini berarti ayam jantan sudah memproduksi sperma dan betina sudah mulai bertelur. Namun ayam bangkok pada usia seperti ini, khususnya ayam betina, sulit di kawinkan. Hal ini justru menguntunghkan, karena untuk mendapatkan keturunan yang baik jika induk sudah memiliki kematangan organ reproduksi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

view list

Flag Counter